Berita

Berita / Jangan Belajar di Kelas Aja! Inilah 5 Manfaat Penting Membangun Networking Sejak Kuliah

SEVIMA.COM – Sebenarnya tugas seorang mahasiswa tidak melulu hanya belajar saja, lho. Dewasa ini, beberapa orang masih memiliki prespektif bahwa tugas seorang mahasiswa adalah mendapatkan indeks prestasi yang sebagus mungkin. Ternyata ke depannya kamu akan merugi kalau masih berpikiran seperti itu. Akan ada banyak hal yang terlewatkan kalau kamu hanya memikirkan indeks prestasi saja.

Ketika menjadi seorang mahasiswa, kamu bisa mencari banyak pengalaman dan kegiatan. Baik kegiatan di dalam kampus maupun di luar kampus. Pada kegiatan yang kamu ikuti tersebut, kamu bisa mendapatkan networking yang luas banget. Dengan networking tersebut, kamu bisa membangun relasi yang baik dengan orang-orang di sekitarmu, terutama saat melakukan aktivitas dan kegiatan di luar jadwal kuliah. Salah satunya, seperti mengikuti organisasi yang dapat membantumu mendapatkan networking yang cukup luas. Sehingga banyak manfaat yang bisa kamu ambil. Nah, apa saja sih manfaat yang bisa kamu ambil ketika kamu memiliki networking sejak kuliah.  Berikut 5 manfaat yang bisa kamu dapat.

1. Memperluas relasi

Memiliki networking yang luas, akan memberikan benefit yang luar biasa buat kamu. Bisa dipastikan kamu akan memiliki relasi dari berbagai kalangan. Saat kamu mengikuti berbagai macam jenis kegiatan, kamu akan menjumpai banyak orang dengan bermacam-macam profesi. Baik berasal dari satu jurusan, beda jurusan, dan  bahkan dari alumni juga,lho. So, bisa dipastikan relasimu akan semakin bertambah deh.

2. Public Speaking akan terlatih

Karena networking gak jauh dari organisasi dan komunitas, kamu akan sering kali menjumpai banyak orang dari berbagai kalangan. Sehingga kamu diharuskan untuk berbicara, berdiskusi dan bahkan menyampaikan pendapat di depan publik. Maka, secara tidak langsung kamu akan skill public speaking akan tersah dengan sendirinya.

3. Selalu up-to-date

Mendapat informasi gak hanya didapatkan melalui media sosial atau dari dalam kelas saja. Dengan memiliki networking yang luas, kamu akan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang sangat luas. Entah informasi mengenai seputar dunia perkuliahan, beasiswa, atau bahkan pekerjaan freelance untuk mahasiswa. Wah dijamin kamu gak kudet deh.

Baca juga:

4. Membuka peluang kerja atau bisnis

Selain up-to-date informasi terkini, disini kamu juga bisa memanfaatkan waktumu untuk mencari peluang untuk pengalaman baru. Dengan berberkal networking yang luas, kamu pasti akan mendapatkan informasi terbaru seperti magang di suatu instansi atau lowongan pekerjaan ketika kamu sudah lulus nanti. Jadi, peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan seusai kuliah pasti lebih besar.

Gak hanya itu, bagi kamu yang mulai merintis bisnis sejak kuliah, memperluas networking seperti ini juga akan membantumu mengambangkan bisnismu,lho. Kamu bisa memperluas pemasaran produkmu atau justru melakukan kerjasama dengan para relasimu. Banyak banget kan manfaatnya!

5. Belajar dari pengalaman yang lain

Setiap kegiatan tentunya memiliki banyak manfaat buat kamu, terutama ketika kamu mengikuti berbagai macam kegiatan baik di dalam kampus maupun luar kampus yang telah membangun networking dengan baik. Dengan networking tersebut kamu bisa menjumpai banyak orang yang telah memiliki berbagai pengalaman seru dan menarik. Misalnya, jika kamu akan menghadapi suatu interview kerja, kamu bisa terlebih dahulu mengorek informasi dari para relasimu. Nah, disini nih kamu bisa belajar dari pengalaman mereka. Seru kan!

Itu dia manfaat yang dapat kamu ambil kalau kamu membangun networking sejak kuliah. Banyak banget manfaat yang bisa kamu ambil kalau kamu aktif membangun networking dengan baik sejak kuliah. Gak ada salahnya kan dicoba?

Premium WordPress Themes DownloadPremium WordPress Themes DownloadFree Download WordPress ThemesDownload […]



Pendaftaran

Cari tahu informasi terbaru untuk menjadi calon mahasiswa Universitas

Lihat Informasi

Pengumuman

Pengumuman - pengumuman terbaru universitas

Lihat Pengumuman

Program Studi

Kenal lebih jauh dengan program studi yang ada di Universitas

Lihat Daftar Prodi