Berita

Berita / Permudah Tes Penerimaan Mahasiswa Baru dengan Sistem Tes CBT

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi dirasakan sangat pesat, dimana manusia telah memamfaatkan teknologi informasi dalam segala aktivitasnya. Salah satu manfaat dengan adanya teknologi informasi menjadikan suatu hal menjadi efektif dan efisien. Namun, efektif dan efisien tersebut belum dirasakan oleh beberapa perguruan tinggi terutama perguruan tinggi swasta.

Kita ambil contoh pada saat penerimaan mahasiswa baru sebagian besar perguruan tinggi masih menggunakan sistem manual. Sistem manual tersebut menjadi kendala dalam beberapa hal seperti pengadaan soal, waktu pemeriksaan dan waktu pengumuman. Kendala-kendala tersebut seharusnya dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi informasi karena salah satu tujuan dengan adanya teknologi informasi adalah untuk menjadikan hal menjadi efektif dan efisien.

Adanya perkembangan teknologi informasi haruslah ada solusi terhadap masalah penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan sistem tes berbasis komputer (CBT) yang ada di siAkad Cloud. Sistem tes berbasis komputer ini dapat menjadikan solusi bagi masalah-masalah yang selama ini terjadi pada penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi.

Apa manfaat dan kelebihan yang menjadi alasan mengapa perguruan tinggi harus menerapkan CBT secepatnya? Cek yuk.

1. Sesuai dengan perkembangan teknologi yang tak terbendung

Tes dengan metode konvensional yang menggunakan kertas sudah berjalan ratusan bahkan ribuan tahun. Kini zaman mulai berubah menuju ke dunia digital. Satu-persatu negara, satu-persatu aspek kehidupan manusia, semuanya akan berganti menjadi sistem digital. Jika tidak secepatnya beradaptasi, maka pendidikan Indonesia akan semakin tertinggal dan terlindas oleh zaman. Mau tak mau, suka tak suka, zaman digital akan segera menjadi pilihan yang wajib dipakai.

2. Hemat anggaran

Butuh anggaran yang cukup besar untuk melaksanakan tes penerimaan mahasiswa baru dengan metode manual, karena perguruan tinggi harus mengeluarkan biaya untuk mencetak soal dan lembar jawabannya. Namun dengan CBT, anggaran kertas untuk tes tidak diperlukan lagi. Hanya dengan satu komputer saja, sekolah sudah bisa menggunakannya untuk tes tanpa batas, bahkan latihan harian sekalipun.

3. Hemat waktu dan tenaga dosen atau pegawai dalam proses Tes PMB

Dosen atau pegawai tidak perlu disibukkan dengan persiapan tes yang panjang, seperti mencetak dan memperbanyak kertas soal dan jawaban. Cukup dengan satu kali meng-input soal ke server, seluruh calon mahasiswa sudah bisa mengikuti tes. Begitu juga dengan waktu pasca tes, desen tidak perlu pusing memeriksa hasil tes yang menumpuk berlembar-lembar. Sistem CBT yang ada di siAkad Cloud akan mengakumulasi secara otomatis nilai hasil tes para calon mahasiswa berdasarkan kunci jawaban yang telah diinput sebelumnya.

4. Memudahkan calon mahasiswa saat tes PMB

Calon mahasiswa tidak perlu membawa dan meminjam alat tulis, tidak perlu menyilang jawaban dan mencorat-coretnya jika salah. Melalui komputer pada CBT, mahasiswa hanya perlu mengklik jawaban yang benar dan mengkliknya lagi (undo click) jika salah. Saat ada gambar soal yang kecil dan tidak terlalu jelas, calaon mahasiswa bisa memperbesarnya dengan meng-klik pilihan “zoom” hingga gambar terlihat cukup jelas.

5. Hasil tes menjadi lebih cepat dan akurat

Perhitungan nilai otomatis oleh sistem komputer akan meminimalisir kesalahan manusia (human error) dalam pemeriksaan. Sistem komputer akan mencocokkan jawaban calon mahasiswa dengan kunci jawaban yang telah diinput dosen sebelumnya. Hasil nilai pun keluar lebih cepat, tidak butuh waktu berhari-hari. Seketika tes selesai, hasil nilai muncul secara otomatis dan dapat disimpan secara lebih praktis menjadi arsip panitia PMB.

Dengan ragam kemudahan dan fitur yang di tawarkan dari Aplikasi CBT ini tentu saja bisa di dapatkan di siAkad Cloud paket gold. Saat ini sudah banyak mitra SEVIMA yang menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan seleksi atau test mereka.

Tentu saja agar perguruan tinggi mampu memberikan pelayanan terbaik dan memudahkan dalam setiap informasi yang akan di sampaikan maka sudah sepatutnya perguruan tinggi anda juga menggunakan teknologi digital di dalamnya. Sebagaimana kita ketahui, peranan teknologi saat ini tidak bisa kita lepaskan dalam kehidupan pasalnya menawarkan banyak sekali kemudahan dan membantu pekerjaan.

Nah, sebagai perguruan tinggi zaman now tentu saja juga harus bisa memberikan informasi dan pelayanan secara cepat dan tepat kepada seluruh civitas kampus tersebut. Yuk dapatkan semua benefit disini: siakadcloud.com

Sumber : https://sevima.com/permudah-tes-penerimaan-mahasiswa-baru-dengan-sistem-tes-cbt/



ditulis oleh : unsoer.admin
24 Februari 2020 - Pengetahuan UmumTips & trik

Untukmu yang Ingin Menjadi Ketua Organisasi


Pendaftaran

Cari tahu informasi terbaru untuk menjadi calon mahasiswa Universitas

Lihat Informasi

Pengumuman

Pengumuman - pengumuman terbaru universitas

Lihat Pengumuman

Program Studi

Kenal lebih jauh dengan program studi yang ada di Universitas

Lihat Daftar Prodi