Berita

Berita / Bagaimana Cara Mencari Jurnal yang Sesuai Kebutuhan?

Bagaimana Cara Mencari Jurnal yang Sesuai Kebutuhan?

ditulis oleh : unsoer.admin
18 Februari 2020 - Tips & trik


Siapa disini saat mencari jurnal sangat mengandalkan google? hayo angkat tangan. Terkadang para dosen atau mahasiswa itu terlalu “lugu” hanya mengandalkan Google sebagai tempat pencarian.

Memang sih, Google atau Google Scholar cara paling mudah karena tinggal mengetikkan kata kunci dan keluar hasil yang cukup banyak, tapi bisa jadi artikel itu tidak sesuai yang kamu inginkan atau butuhkan. Yaps sudah saatnya kamu beralih ke database jurnal yang lebih tepat!

Perpustakan Nasional RI

Sudah Tahu belum? kalau pemerintah mengucurkan dana ratusan juta rupiah untuk berlangganan basis data jurnal ilmiah yang bagus-bagus melalui Perpustakan Nasional RI. Jadi sudah selayaknya kamu manfaatkan ini sebaik mungkin.

Di PNRI ini kamu bisa menemukan berbagai basis data yang mengumpulkan ribuan jurnal ilmiah dan beberapa jenis artikel yang tidak bisa ditembus oleh Google. Jadi, manfaatkan dengan baik basis data ini untuk mencari artikel untuk keperluan skripsi atau tugas kamu.

Cara Masuk Perpustakan Nasional RI

Pertama, kunjungi situs web PNRI dan lakukan pendaftaran. Setelah berhasil, masuk ke E-resource dan temukan segudang basis data di atas. Jelajahilah semua, dan rasakan pengalamannya, mana yang cocok untuk bidang ilmumu.

Terkadang beberapa perguruan tinggi juga sudah berlangganan dari beberapa penyedia di Perpustakan Nasional RI ini seperti UGM sudah berlangganan mandiri EBSCO. Atau beberapa kampus lain juga sudah berlangganan, kamu bisa tanyakan dibagian akademik dan penelitian kampus.

Kedua, untuk kebutuhan terutama basis data Thesis/Dissertation kamu bisa coba ProQuest. Di sini cukup masukkan kata kunci, dan akan keluar naskah disertasi S3 full text dari berbagai universitas keren di dunia, di mana Google tidak mungkin bisa menjamahnya. Dan ini LEGAL!

Selamat mencoba, jangan lupa share ke rekan-rekan yang lain. Dan silakan coba database yang lain dan temukan artikel sesuai yang kamu inginkan.

SUMBER: https://sevima.com/bagaimana-cara-mencari-jurnal-yang-sesuai-kebutuhan/




Pendaftaran

Cari tahu informasi terbaru untuk menjadi calon mahasiswa Universitas

Lihat Informasi

Pengumuman

Pengumuman - pengumuman terbaru universitas

Lihat Pengumuman

Program Studi

Kenal lebih jauh dengan program studi yang ada di Universitas

Lihat Daftar Prodi