Berita

Berita / 5 Alasan Mengapa Akreditas Kampus Sangat Penting Bagi Mahasiswa

5 Alasan Mengapa Akreditas Kampus Sangat Penting Bagi Mahasiswa

ditulis oleh : unsoer.admin
20 Februari 2020 - Dunia Kampus


Bicara soal akreditasi, pasti tidak bisa jauh dari penilaian kualitas dan mutu pada suatu lembaga. Salah satunya adalah akreditasi pada perguruan tinggi. Akreditasi ini sangat penting sekali untuk keberlangsungan lembaga itu sendiri. Salah satunya untuk menjamin kualitas dan mutu dari lulusan dari perguruan tinggi tersebut.

Di dalam peraturan menteri pendidikan RI Nomor 28 Tahun 2005 pun sudah diatur mengenai akreditasi sebuah lembaga pendidikan yang diwajibkan untuk melakukan proses akreditasi melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Ternyata, tidak hanya perguruan tinggi saja yang wajib melakukan akreditasi. Program studi pun juga sangat diwajibkan untuk melakukan proses akreditasi ini. Karena dinilai sangat penting, akreditasi kampus ternyata juga memiliki pengaruh untuk mahasiswa, lho. Berikut adalah 5 alasan tentang pentingnya akreditasi kampus untuk mahasiswa.

1. Cerminan kualitas pendidikan

Namanya juga akreditasi, pasti berhubungan langsung dengan proses dan penilaian kualitas pendidikan. Di dalam suatu perguruan tinggi yang memiliki akreditasi jelas dan bagus, pasti bisa ditentukan bahwa perguruan tinggi tersebut memiliki kualitas pendidikan yang tidak bisa diragukan lagi. Kualitas pendidikan yang sudah diterapkan di dalam perguruan tinggi tersebut, pasti sudah dijamin mutu dan kualitasnya oleh pemerintah.

2. Untuk persyaratan bekerja di Institusi pemerintahan

Bila lulusan dari perguruan tinggi menginginkan berkerja di suatu institusi pemerintahan, akreditas kampus ini sangat diperlukan sebagai salah satu persyaratannya. Dengan mengantongi syarat akreditasi ini, pastinya pihak verifikator sudah bisa menilai tentang kualitas pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Persyaratan ini bersifat mutlak dan selalu dilampirkan untuk memenuhi proses administrasi dengan minimal akreditasi B.

3. Untuk melamar bekerja di perusahaan

Tidak hanya persyaratan bekerja di institusi pemerintahan, ternyata akreditasi juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan swasta, BUMN, atau multinasional. Kebanyakan dari perusahaan tersebut juga ingin menjaga kualitas dari pegawainya sendiri. Biasanya, perusahaan-perusahaan tersebut memberi batasan akreditasi perguruan tinggi atau jurusan dengan minimal B.

4. Mahasiswa akan terbiasa dengan standar pendidikan yang berkualitas

Setiap mahasiswa yang berkuliah di suatu perguruan tinggi dan sudah terakreditasi, pasti bisa dikatakan bahwa mahasiswa tersebut sudah memiliki latar belakang dengan standar pendidikan yang berkualitas. Karena di dalam kesehariannya, mereka selalu dituntut untuk berkompetensi dan belajar dengan lingkungan yang sangat bagus dan relevan. Untuk itu, ketika lulus pun mereka sudah bisa dikatakan mampu bersaing dalam dunia kerja.

5. Mampu bersaing dengan mahasiswa perguruan tinggi lain

Perguruan tinggi yang berkualitas dan terakreditasi oleh BAN-PT pasti sudah tidak diragukan lagi kualitas pendidikannya. Biasanya, sebelum lulus pun mahasiswa sudah disiapkan dan mendapatkan training sedemikian rupa agar mampu bersaing di lingkungan kerja. Maka dari, setelah lulus pun lulusannya pasti bisa dan siap untuk survive dengan baik di lingkungan kerja mereka.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan. Bahwa akreditasi perguruan tinggi itu sangat penting untuk keberlangsungan mahasiswa. Bahkan sampai lulus juga masih diperlukan untuk melamar di pekerjaan impian. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa akreditasi tersebut sangat berpengaruh terhadap setiap mahasiswa. Jadi, untuk pihak kampus sudah saatnya memperhatikan akreditasi kampus, yuk permudah akreditasi dengan sistem akreditasi GRATIS disini: akreditasicloud.com

SUMBER : https://sevima.com/5-alasan-mengapa-akreditas-kampus-sangat-penting-bagi-mahasiswa/



ditulis oleh : unsoer.admin
18 Februari 2020 - Tips & trik

Bagaimana Cara Mencari Jurnal yang Sesuai Kebutuhan?


Pendaftaran

Cari tahu informasi terbaru untuk menjadi calon mahasiswa Universitas

Lihat Informasi

Pengumuman

Pengumuman - pengumuman terbaru universitas

Lihat Pengumuman

Program Studi

Kenal lebih jauh dengan program studi yang ada di Universitas

Lihat Daftar Prodi