Berita

Berita / Side Job Saat Kuliah

Side Job Saat Kuliah

ditulis oleh : unsoer.admin
25 Februari 2020 - Pengetahuan UmumTips & trik


Saat – saat kuliah tidak hanya dapat diisi dengan kegiatan belajar, namun kegiatan lain yang juga bisa menambah wawasan pengalaman kamu juga dapat dilakukan. Salah satu yang sudah umum dilakukan oleh mahasiswa adalah mencari side job. Seperti namanya, side job adalah pekerjaan sampingan atau paruh waktu yang dapat dipilih untuk mengisi waktu luang saat kuliah. Namun, masih banyak mahasiswa yang bingung untuk memilih side job apa. Nah berikut ini ada beberapa side job yang cocok untuk kamu yang sedang bingung

 

  1.  Barista

 

Saat ini, coffee shop sedang menjamur. Sudah banyak coffee shop baik dari lokal maupun luar negeri yang membuka gerai nya. Nah tidak ada salahnya kamu mencoba apply menjadi barista mereka. Pengalaman mengenai kopi pun bisa bertambah disini. Selain itu, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapat kesempatan menambah relasi, baik dari sesama rekan kerja atau pelanggan.

 

  1. Driver online

 

Tidak ada salahnya kok menjadi driver aplikasi online! Kalau kamu punya motor, kamu bisa mencoba untuk menjadi ojek online, dan jika kamu punya mobil, tidak ada salahnya juga. Pekerjaan ini tidak memalukan lho, malah kamu bisa menambah wawasan mengenai daerah tersebut. Lumayan kan jadi tahu jalan tikus. Oh iya, pasti kamu juga sudah tidak jarang membaca cerita cerita menarik para driver online, mulai dari mendapat relasi baru, cerita mengharukan, bahkan tidak menutup kemungkinan mendapat pekerjaan baru dari pelanggan lho!

 

 

  1. Guru les privat

 

Jika kamu sering menjadi ‘dosen dadakan’ untuk teman teman kamu, utamanya menjelang ujian, itu dapat menjadi kesempatan kamu buat mencoba menjadi guru les privat. Bukan hanya untuk yang duduk di bangku kuliah, kecerdasan kamu bisa juga dibagikan ke siswa SMA, SMP, atau SD sekalipun. Beramal dan mencari pengalaman (dan uang saku tambahan) dalam sekali jalan!

 

Baca juga:  PESAN B.J. HABIBIE UNTUK PENDIDIK DAN PEMUDA

  1. Contributor

 

Saat ini, cukup banyak media yang menawarkan posisi freelance contributor . Hal tersebut bisa kamu manfaatkan, selain mengisi waktu luang, kamu jadi bisa melatih kemampuan kamu mengolah kasus, menuangkan hal tersebut ke tulisan, dan menjadi berita yang informatif dan dibaca oleh banyak orang.

 

  1. Event organizer

 

Kamu juga bisa menjadi bagian dari event organizer atau organisasi yang mengeksekusi sebuah acara. Jika biasanya kamu datang ke suatu acara, misal acara musik hanya sebagai penonton saja, kamu bisa kok menjadi panitia yang juga bekerja keras mengelola event tersebut. Kamu jadi tahu bagaimana keadaan di belakang layar, seperti menyiapkan alat musik bintang tamu, mempersiapkan set, mengantar dan menjemput bintang tamu, sampai ke rapat akbar yang akan membahas dan mengevaluasi acara tersebut. Tidak menutup kemungkinan, jika kamu bekerja dengan baik, kamu akan ditawari menjadi bagian tetap dari event organizer tersebut. Lumayan kan, bisa bertemu band favorit?

Nah selain lima pekerjaan itu, kamu juga bisa mencari kesempatan side job lainnya, baik melalui Instagram, LINE, atau orang sekitarmu. Produktif dan profit bukan hal yang tidak mungkin kok!

Sumber :https://campuspedia.id/kabar/side-job-saat-kuliah/




Pendaftaran

Cari tahu informasi terbaru untuk menjadi calon mahasiswa Universitas

Lihat Informasi

Pengumuman

Pengumuman - pengumuman terbaru universitas

Lihat Pengumuman

Program Studi

Kenal lebih jauh dengan program studi yang ada di Universitas

Lihat Daftar Prodi