Berita

Berita / Mendikbud: Gelar Tidak Menjamin Kompetensi

Mendikbud: Gelar Tidak Menjamin Kompetensi

ditulis oleh : unsoer.admin
26 Februari 2020 - Pengetahuan Umum


Seperti yang kita ketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim, pada tanggal 4 Desember 2019 lalu telah berpidato di Balai Permono UI, Depok saat pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI), Ari Kuncoro. Pidato yang sangat inspiratif, dan kali ini kita fokuskan ke ungkapan beliau yang berbunyi ‘Kita memasuki era di mana gelar tidak menjamin kompetensi,..’.

Sangat benar adanya atas ungkapan Mendikbud tersebut. Terlebih saat ini, banyak perusahaan yang lebih memandang skill daripada titel yang dimiliki. Tak peduli gelar apakah dia, lulusan dari universitas ternama mana kah dia, karena yang paling berpengaruh dalam dunia kerja adalah skill, bisa apa dia?

Memang banyak sekali lulusan sarjana yang menganggur setiap tahunnya. Bahkan menurut data BPS terbaru 2018, hampir 8% dari total 7 juta lebih sarjana menganggur. Angka ini meningkat 1,13% dari tahun 2017. Wah wah, bukan angka yang sedikit, kan?

Banyak yang berpendidikan tinggi tetapi ternyata skill nya tidak sesuai dengan titel yang ada, tidak sedikit juga yang memiliki skill padahal pendidikan nya tidak terlalu tinggi. Itu semua tergantung oleh masing-masing individu itu sendiri. Entah karena terlalu berfokus pada satu tujuan hingga melupakan kebutuhan yang lain atau memang merasa passion nya bukan di sana, hanya dia yang tau.

Oleh karenanya, seperti yang Mendikbud katakan bahwa perubahan di dunia baik dalam industri hingga teknologi itu semakin cepat, rumit, dan tak bisa diprediksi. Untuk mengantisipasi hal tersebut yaitu dengan membuat SDM unggul di Indonesia yang juga bisa menjawab tantangan di era digitalisasi.

Nah, buat kalian yang sekarang sedang menempuh pendidikan demi memperoleh gelar baik sarjana, magister, ataupun doktor, jangan berkecil hati. Tetap kejar targetmu seperti lulus tepat waktu, lulus dengan predikat cumlaude atau setidaknya IPK di atas rata-rata, dan jangan lupakan skill yang harus kamu kembangkan selama proses pendidikan.

Baca juga:  Keuntungan Interview Secara Online

Skill bisa didapatkan dengan berbagai cara, seperti pengalaman berorganisasi, volunteer, magang, freelance, dan lain-lain. Sedangkan untuk skill itu sendiri yang memang penting dan banyak dibutuhkan dalam dunia kerja yaitu seperti kepemimpinan, kerja sama tim, public speaking, pengoperasian komputer, dan lain sebagainya. Dengan adanya skill yang ada dalam diri kamu, insyaAllah bakal deh banyak perusahaan yang membutuhkan kamu. Tetap semangat!😊

Sumber : https://campuspedia.id/kabar/mendikbud-gelar-tidak-menjamin-kompetensi/




Pendaftaran

Cari tahu informasi terbaru untuk menjadi calon mahasiswa Universitas

Lihat Informasi

Pengumuman

Pengumuman - pengumuman terbaru universitas

Lihat Pengumuman

Program Studi

Kenal lebih jauh dengan program studi yang ada di Universitas

Lihat Daftar Prodi