Berita

Berita / 5 Hal yang Dapat Meningkatkan Kualitas Dosen

Untuk meningkatkan kualitas dan mutu perguruan tinggi, ternyata tidak ada memerhatikan aspek administrasi dan sarana prasarana perguruan tinggi saja. Peningkatan mutu dan kualitas dosen juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi tersebut.

Seperti kita ketahui, bahwa dosen merupakan pendidik profesional atau juga seorang ilmuwan yang bertugas untuk mengembangkan dan melakukan perluasaan terhadap ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan melalui proses pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Peningkatan mutu dosen tersebut pasti akan membawa hal positif  dan perubahan baik dalam mutu perguruan tinggi.

Nah, untuk melakukan peningkatan kualitas mutu pendidikan tersebut, inilah 5 hal yang biasa dilakukan dosen dalam peningkatan kualitas dosen di perguruan tinggi. Berikut penjelasannya.

1. Melakukan penelitian

Melakukan suatu penelitian merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas seorang dosen. Penelitian di bidang ilmu yang didalami tersebut, sangat diperlukan sekali dalam meningkatkan kualitas seorang dosen. Semakin banyak penelitian yang dilakukan, maka semakin banyak pengalaman yang di dapat. Sehingga, beberapa penelitian yang dilakukan tersebut bisa ditarik dan dibuat dalam jurnal ilmiah.

Jurnal ilmiah ini juga merupakan salah satu hal yang dapat membantu meningkatkan peringkat suatu perguruan tinggi, lho. Terlebih apabila jurnal tersebut diterbitkan dalam portal jurnal internasional, pasti akan membawa dampak yang besar terhadap perguruan tinggi dimana dosen tersebut mengajar.

2. Selalu upgrade ilmu

Menurut UU perguruan Tinggi pada tahun 2012, proses peningkatan ilmu tersebut dapat dilakukan melalui banyak hal, seperti penerbitan buku, penelitian, dan lainnya.

Namun, menjadi dosen tidak hanya melakukan penelitian, tapi juga diwajibkan untuk menempuh pendidikan terbaik.

Di Indonesia sendiri, jumlah dosen yang sudah memiliki gelar doktor masih dinilai kurang. Hanya terdapat kurang dari 15% dari jumlah dosen yang ada. Sehingga, pemerintah sendiri juga sangat mendorong para dosen untuk selalu meng-upgrade ilmu yang di dalaminya tersebut.

3. Selalu aktif dan kreatif

Menjadi seorang dosen memang dituntut untuk menjadi seorang yang aktif dan kreatif. Banyak hal yang akan berdampak positif apabila seorang dosen mampu selalu aktif dan kreatif. Aktif dan kreatif yang dimaksud adalah bahwa seorang dosen harus mamp memberikan suatu hal yang baru dan bisa bermanfaat bagi orang banyak. Tidak hanya di lingkungan kampus, tapi juga dari luar kampus.

Selain itu, dengan menjadi dosen yang aktif dan kreatif, maka suasana di dalam kelas pun akan menjadi lebih baik. Mahasiswa akan dijauhkan dari rasa kebosanan dan malas dalam proses belajar mengajar.

4. Melakukan pengabdian masyarakat

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan suatu hal yang diwajibkan dalam perguruan tinggi. Karena pada dasarnya, melakukan pengabdian kepada masyarakat adalah suatu proses implementasi dalam tri dharma perguruan tinggi. Dengan melakukan proses pengabdian masyarakat, maka seorang dosen akan mampu mengembangkan ide kreatifnya dalam membangun masyarakat yang lebih maju.

5. Pendekatan dengan mahasiswa dan lingkungan kampus

Tidak hanya medalami soal ilmu, namun seorang dosen juga sangat disarankan untuk melakukan pendekatan terhadap mahasiswa dan lingkungan kampus. Bagaimana pun, keberadaan dosen di kampus berbanding lurus dengan proses pembelajaran mahasiswa di lingkungan kampus. Selain itu, proses pendekatan seperti ini juga sangat bermanfaat untuk proses peningkatan mutu di lingkungan kampus.

Dari ke lima hal tersebut, menjadi dosen memang tidaklah semudah yang dibayangkan. Namun, dengan melakukannya sepenuh hati pasti akan dengan mudah meningkatkan mutu dan kualitas dari pendidikan tersebut. Bapak ibu juga bisa meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memulai kuliah online menggunakan SEVIMA EdLink

Sumber : https://sevima.com/5-hal-yang-dapat-meningkatkan-kualitas-dosen/




Pendaftaran

Cari tahu informasi terbaru untuk menjadi calon mahasiswa Universitas

Lihat Informasi

Pengumuman

Pengumuman - pengumuman terbaru universitas

Lihat Pengumuman

Program Studi

Kenal lebih jauh dengan program studi yang ada di Universitas

Lihat Daftar Prodi