Berita

Berita / 5 Langkah Penting Yang Akan Memaksimalkan Harimu

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk menjalani rutinitas hariannya dengan baik dan lancar. Namun tak jarang terjadi banyak hal diluar dugaan yang malah mengakibatkan hari kita menjadi sedikit berantakan. Tetapi kalian tidak perlu merasa khawatir lagi, berikut adalah 5 langkah penting yang akan memaksimalkan harimu:

1. Dapatkan istirahat malam yang baik di hari sebelumnya

Tidur di malam hari mungkin menjadi hal sepele bagi sebagian orang. Namun faktanya tidur yang cukup sangat penting untuk menunjang aktivitas kita di esok hari. Tidur memiliki peranan yang cukup penting dalam fungsi kognitif yakni belajar dan mengingat informasi. Ketika seorang tidak memiliki waktu tidur yang cukup, otak akan menjadi kesulitan mendapatkan informasi baru dan susah untuk menjadi fokus. Selain itu menurut penelitian, seseorang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup dapat beresiko mengalami gangguan emosional dan juga perasaan.

Dalam studi penelitian lain mengatakan bahwa seseorang yang mengalami kesulitan tidur di malam hari memiliki resiko lima kali lebih besar mengalami gangguan kecemasan. Tentunya hal ini akan sangat berdampak pada aktivitas yang akan kalian jalani di esok hari. Namun juga perlu diketahui setiap orang memiliki porsi waktu istirahat yang berbeda-beda tergantung seberapa banyak aktivitas yang dilakukan. Nah, supaya aktivitas pada esok hari dapat berjalan dengan baik kalian perlu memiliki jam istirahat malam yang cukup, sesuai dengan aktivitas kalian masing-masing.

2. Rutin berolahraga

Peneliti di Swedia mengemukakan bahwa melakukan aktivitas fisik dapat meningkatkan produktivitas seseorang. Penelitian ini menemukan fakta bahwa sedikitnya dua setengah jam aktivitas fisik atau olahraga dalam seminggu mendorong lebih banyak pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan seseorang dalam jumlah waktu yang sama. Selain itu berolahraga juga bermanfaat dalam menjaga tubuh agar tetap sehat serta mengurangi resiko terkena serangan penyakit.

Baca juga:  Meningkatkan Skill Bahasa Melalui Hal Kecil

3. Taklukkan penundaan

Menunda pekerjaan tidak hanya dapat mengurangi produktivitas kerja tetapi juga meningkatkan stress serta menurunkan efisiensi kerja kalian. Untuk itu perlu adanya komitmen pada diri kalian dalam melakukan pekerjaan secara tepat waktu. Berusahalah untuk selalu memprioritaskan kewajiban kalian terlebih dahulu. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa rasa malas seringkali datang menghantui kita sewaktu-waktu.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, tidak ada salahnya untuk memberi sedikit jeda waktu istirahat bagi diri kalian ketika merasa jenuh dan bosan. Kalian dapat melakukan hal yang kalian sukai, misalnya dengan mendengarkan musik selama 5 menit, supaya nantinya perasaan bosan kalian akan menghilang. Namun tetaplah fokus dan mengingat tugas kalian, jika merasa sudah lebih baik, lanjutkan pekerjaan tanpa menunda-nundanya lagi.

4. Fokuslah pada satu hal disatu waktu

Hindari untuk melakukan multitasking, karena faktanya otak kita tidak di desain untuk melakukan banyak hal disaat yang bersamaan. Semakin banyak tugas atau pekerjaan yang kita coba lakukan secara bersamaan, maka akan semakin  lambat kita menyelesaikannya dan semakin banyak pula kesalahan yang bisa kita perbuat. Untuk itu akan lebih baik jika kalian fokus pada satu hal disatu waktu.

5. Buatlah perencanaan untuk hari berikutnya

Menulis daftar kegiatan yang akan dilakukan di esok hari adalah langkah paling utama untuk memaksimalkan hari kalian. Perencanaan yang baik akan mengorganisir berbagai aktivitas-aktivitas dengan teratur, sehingga kalian akan mengetahui prioritas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Dengan begitu akan banyak waktu yang terhemat dan tentunya hal ini akan mengantisipasi banyaknya waktu yang terbuang sia-sia.

Nah, itu tadi 5 hal yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan harimu. Untuk mewujudkan langkah-langkah tersebut tentunya dibutuhkan komitmen kuat dari dalam diri kalian. Semoga dengan tips diatas kalian dapat menjalani hari-hari kalian dengan maksimal.




Pendaftaran

Cari tahu informasi terbaru untuk menjadi calon mahasiswa Universitas

Lihat Informasi

Pengumuman

Pengumuman - pengumuman terbaru universitas

Lihat Pengumuman

Program Studi

Kenal lebih jauh dengan program studi yang ada di Universitas

Lihat Daftar Prodi