Program Studi

Program Studi / Ilmu Administrasi Negara

Tentang Prodi Ilmu Administrasi Negara

Ilmu Administrasi Negara merupakan salah satu program studi yang ada di dalam Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Soerjo Ngawi. Ilmu Administasi Negara  mempelajari cara mengelola administrasi secara lebih spesifik, khususnya dalam mempelajari administrasi negara atau administrasi pemerintahan dan unsur-unsur yang ada di dalamnya. Berdasarkan SK BAN-PT No. 2846/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018, Program Studi Ilmu Administrasi Negara mendapatkan Akreditasi C.

Ilmu Administrasi Negara mempunyai Visi dan Misi Sebagai berikut:

VISI

Menciptakan lulusan Ilmu Administrasi Negara yang memiliki daya saing dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip good governance untuk mewujudkan pembangunan manusia seutuhnya yang memiliki intelektual, profesional, kemandirian, bertakwa dan berbudi luhur”.

MISI

Menyelenggarakan proses pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan unggul, bertakwa dan berbudiluhur, bersikap ilmiah, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kreatif, mandiri serta mampu bersaing dan bekerjasama dalam bidangnya. Secara spesifik untuk menunjang Visi tersebut, maka Misi yang akan direalisasikan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNSOER adalah sebagaiberikut:

  • Membangun tata kelola organisasi yang mencerminkan prinsip-prinsip Good Governence;
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian pada bidang Ilmu Administrasi Negara/Publik yang berkontribusi bagi pengembangan keilmuan perumusan kebijakan dan pemuktahiran materi
  • Mengaplikasikan bidang keilmuan Ilmu Administrasi Negara/Publik dan berkontribusi kepada kegiatan pengabdian
  • Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analitis dan praktis dalam era otonomi daerah yang berbasis keilmuanIlmu Administrasi Negara/Publik.

TUJUAN

Menghasilkan Sarjana llmu Administrasi Negara/Publik, yang memiliki kompetensi sebagai berikut:

  • Sarjana Ilmu Administrasi Negara/Publik yang beriman dan bertakwa, jujur, berbudiluhur, berkepribadian utuh, mandiri, cerdas.
  • Menghasilkan Sarjana Ilmu Administrasi Negara/Publik yang memiliki kemampuan akademik, profesionalisme, ketrampilan dan peka terhadap masalah-masalah
  • Menghasilkan Sarjana Ilmu Administrasi Negara/Publik yang dapat mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuanya secara praktis untuk meningkatkan taraf hidup dan kemaslahatan masyarakat.

KURIKULUM

Dengan adanya kebijakan Pemerintah Perpres No.08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Undang-Undang Perguruan Tinggi No.12 Tahun 2012 Pasal 29 ayat(1),(2), dan(3) telah berdampak pada perubahan kurikulum dan pengelolaan yang ada di program Studi Ilmu administarsi Negara yaitu menggunakan Kurikulum KKNI. Dimana kurikulum ini diharapkan akan mengubah cara melihat kompetensi seseorang, tidak lagi semata Ijazah tapi dengan melihat kepada kerangka kualifikasi. Sehingga dengan Kurikulum KKNI ini nanti dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja, serta pengalaman dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

 

Prospek Karir

Aparat Pemerintahan

Anggota Partai Politik

Anggota Legislatif

Aktivis Organisasi

Jurnalis Pemerintahan

Tenaga Pendidik

Fasilitas

Perpustakaan

Lapangan Olahraga

Parkiran Luas

Kurikulum